Jejaring Akademik (JARAKA)


JARAKA adalah singkatan dari kata “ Jejaring Akademik ” adalah sebuah nama yang kami berikan untuk mengidentifikasi sebuah konsep layanan sistem informasi terpadu yang dirancang dan dikembangkan oleh kenalicorp dalam sebuah proyek penelitian. Tujuan utama penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah terciptanya suatu layanan sistem informasi terpadu untuk menunjang kegiatan administrasi pengolahan data dan informasi di Perguruan Tinggi.

JARAKA lahir dari ide dan gagasan untuk solusi permasalahan yang sering dihadapi oleh sebuah perguran tinggi yang tidak memiliki suatu layanan berbasis teknologi informasi untuk menunjang kegiatan administrasi pengolahan data dan informasi dalam kerangka sistem informasi terpadu dikarenakan berbagai macam faktor, yang paling utama adalah tatakelola dan anggaran. JARAKA hadir untuk memberikan solusi tersebut. dengan JARAKA sebuah perguruan tinggi dapat memanfaatkan layanan pengolahan data dan informasi tanpa harus menyediakan investasi dana yang besar untuk keperluan pengambangan perangkat lunak, infrastruktur dan SDM berlatar belakang pendidikan IT. 

Perguruan Tinggi yang menjadi member kami, hanya perlu menyediakan server database (data center) dan koneksi internet (advance) yang terinstallasi di perguruan tinggi masing-masing. JARAKA akan menghubungkan layanan sepeti pendaftaran online, akademik (mahasiswa, dosen, program studi, jurusan, fakultas, institusi), pelaporan PDPT, penelitian, kepegawaian, dan keuangan yang tertanam ke server data center perguruan tinggi. Hanya dengan integrasi seperti itu, perguruan tinggi dapat memiliki layanan sistem informasi terpadu untuk keperluan organisasi. JARAKA ditunjang oleh aplikasi-aplikasi yang dikembangkan dalam versi dekstop, web dan mobile (android), dan secara berkala perangkat lunak tersebut dikembangkan untuk dapat mengakomodasi perkambangan teknologi.

Prototipe versi pertama proyek JARAKA telah diujicoba di salah satu perguruan tinggi negeri untuk mengelola data dan penyediaan informasi akademik sejak tahun 2010-2017. Pada pertengahan tahun 2018 prototipe versi kedua JARAKA direncanakan diluncurkan untuk tujuan diatas.